PIQ terlihat lengang. Maklum saat itu pesantren telah memasuki masa libur sejak 2 hari sebelumnya. Namun pagi itu terlihat sedikit keramaian di lantai bawah PIQ 1. Mereka adalah santri-santri yang rela mengorbankan waktu liburan mereka karena ditunjuk pesantren sebagai delegasi peserta lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kabupaten Malang. Setelah bersiap-siap dan sarapan di warung sebelah pesantren, para peserta dengan di dampingi beberapa asatidz pendamping berangkat menuju Turen, lokasi perlombaan, dengan mengendarai mobil Kijang pesantren.

Sesampainya di sana, peserta di haruskan melakukan registrasi dan pengambilan nomor. Setelah menunggu sedikit lama, akhirnya para peserta mulai berangkat menuju lokasi lomba masing-masing yang cukup jauh. Berhubung sistem penilaian yang berbeda, maka ada beberapa cabang lomba yang baru selesai saat malam. Sambil menunggu lomba selesai, para peserta dan pendamping beristirahat di rumah salah satu santri yang kebetulan berdekatan dengan lokasi perlombaan, yakni Fikri Haikal.

Pada jam 21.00 tepat semua lomba telah usai, namun nama-nama pemenang baru akan diumumkan pada pukul 22.00. Delegasi PIQ memutuskan untuk langsung pulang dan melihat hasil pengumuman lewat website.

Alhamdulillah, setelah 2 hari menunggu tibalah pengumuman. Rupanya perjuangan teman-teman santri tidak sia-sia. Banyak dari mereka yang meraih kemenangan. Mereka adalah M. Rijal Murtadlo, M. Afif Mujahidin, M. Mushoddiq (juara 3 MFQ), M. Imron Zamzami (juara 1 tilawah 5 juz), M. Syauqi Irfan (juara 3 tilawah 1 juz dan juara 1 tartil), M. Izzul Chaq (juara 1 khot) dan A. Fathoni (juara 3 khot). Dengan demikian hampir separuh dari peserta yang dikirim berhasil menang. Total ada 6 piala yang berhasil mereka sumbangkan untuk pesantren.

Selanjutnya pada 11 Januari 2015 lalu, PIQ kembali mengirimkan 3 putra terbaiknya untuk mengikuti lomba dalam rangka maulid di pesantren AN-Nur Bululawang. Pada perlombaan tingkat Jawa Timur ini, PIQ berhasil memboyong 2 piala. Yakni juara 2 lomba kaligrafi atas nama A. Fathoni dan juara 3 lomba olimpiade bahasa arab atas nama M. Lutfi. (syafiq)

Tinggalkan Balasan