Tampak suasana yang berbeda di dalam pesantren. Pada hari normal biasanya teman-teman santri biasanya masuk ke kelas, namun malam itu semua santri dari kelas 1 sampai kelas 6 tampak memenuhi aula hijau. Tampak juga santri Ribath memenuhi salah satu sudut aula. Hal ini dikarenakan PIQ akan kedatangan tamu penting dari Yaman. Beliau adalah Habib Abdul Qodir Al-Idrus yang menjabat sebagai dekan Fakultas Syariah di Universitas Al-Ahqof dengan didampingi oleh Habib Zain bin Yahya.

Sekitar pukul 20.00, akhirnya tamu yang ditunggu-tunggu datang. Kedua Habib tadi datang dengan diiringi beberapa pendamping lain dari Indonesia. Tampak juga di sana Al-Ustadz Faris Khoirul Anam yang merupakan alumni PIQ sekaligus alumni Universitas Al-Ahqof.

Kunjungan Habib Abdul Qodir dan Habib Zain ke PIQ merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan beliau ke beberapa pesantren di Indonesia. Beliau berdua awalnya hanya berkeinginan untuk sowan ke K.H. Basori Alwi, namun atas permintaan khusus dari Kyai akhirnya beliau berdua mau memberikan waktu untuk bermuwajjahah dengan seluruh santri.

Pada kesempatan kali ini Habib Abdul Qodir dan Habib Zain memberikan banyak petuah secara bergantian dalam bahasa arab yang kemudian diterjemahkan langsung dengan fasih oleh Ustad Faris. Diantara petuah beliau adalah memberikan motivasi kepada seluruh santri agar terus semangat belajar mengenai ilmu-ilmu Al-Qur’an.

Tinggalkan Balasan